Kurma adalah tanaman jenis palm yang buahnya dapat dimakan baik saat masih muda maupun ketika sudah tua.

Salah jenis kurma yang dikenal oleh orang Indonesia adalah Kurma Plam Fruit yang mudah di dapat di supermarket atau pusat jajanan saat bulan Ramadhan.

 

 

Kurma Palm Fruit mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, sulfur. Selain mineral kurma juga mengandung vitamin yaitu vitamin thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, vitamin A, dan vitamin K.

 

kurma-palm-fruit-1

Kurma jenis palm fruit memiliki ciri-ciri berupa ukurannya yang besar dan berbentuk cukup lonjong. Kurma yang masih utuh beserta batangnya lebih terjaga kesegarannya sehingga kualitas Kurma Palm Fruit cukup baik.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi Kurma Palm Fruit secara teratur:

1. Sebagai Sumber Energi yang Baik

Kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa sehingga dapat dijadikan sumber energi bagi mereka yang sedang berpuasa atau dapat menunda lapar untuk mencegah makan berlebihan. Kurma dapat dijadikan makanan berbuka puasa atau camilan sambil menunggu tiba waktunya makan. Bagi yang kurang suka dengan rasa manisnya dapat mencampurkannya dengan air atau dikenal dengan air nabeez (kurma infused water)

2. Kurma Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Musthafa Mohamed Essa, Ph.D. dkk., kurma dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan. Buah kurma merupakan sumber serat makanan yang baik dan kaya fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulat, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Senyawa polifenol dapat membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Sehingga cocok dikonsumsi oleh orang lanjut usia.

3. Membantu Meringankan Sembelit

Kurma digunakan untuk mengobati sembelit dalam sejarah pengobatan Tunisia tradisional.. Menurut penelitian makanan yang kaya serat sangat penting dalam membantu gerakan usus yang sehat dan melewati makanan yang nyaman melalui saluran usus. Serat larut dalam kurma membantu dalam pencernaan dan dapat membantu dalam mengurangi gejala sembelit .

4. Bantuan dari Gangguan Usus

Selain serat yang tidak larut dan larut, kurma juga mengandung asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan memastikan perjalanan cepat melalui usus dan perut sehingga nutrisi dapat diserap tubuh lebih baik oleh saluran pencernaan.

5. Membantu Meringankan Anemia

Kurma merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi seperti zat besi. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia dan asupan makanan kaya zat besi membantu memberikan bantuan dari itu. Kurma juga kerap dikonsumsi oleh mereka yang menderita demam berdarah karena dapat meningkatkan trombosit dalam darah.

6. Cegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian oleh Rock W et al. menyimpulkan kurma memiliki efek menguntungkan pada asam lemak jenuh dan stres oksidatif. Terbukti kurma juga dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung

7. Mengobati Lemah Syahwat

Tingginya kadar estradiol dan flavonoid komponen kurma membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas. Sehingga berguna untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria.

8. Mencegah Rabun Senja

Kekurangan vitamin A sering dikaitkan dengan kejadian rabun senja. Sebuah artikel yang ditulis oleh HA Hajar Al Binali MD menunjukkan bahwa kurma kaya akan vitamin A sehingga dapat membantu mencegah kebutaan di malam hari atau rabun senja.

9. Membantu Mengobati Diare Kronis

Sebuah penelitian di Columbia University Medical Center menunjukkan makanan yang kaya potasium seperti kurma efektif melawan diare. Kurma juga membantu memulihkan fungsi alat pencernaan dan dapat meringankan sifat tak terduga dari diare kronis .

Leave a Reply