Kurma Medjool.

Kurma atau Phoenix Dactylifera adalah jenis pohon yang mirip seperti palem. Pohon kurma berasal dari negeri Arab yang kemudian tumbuh menyebar ke negara-negara di Afrika, Eropa Selatan, Asia Barat Daya bahkan hingga Amerika. Pohon kurma termasuk pendek karena tingginya tak mencapai 20 meter.

Kurma memiliki lebih dari 400 jenis di seluruh dunia ini dan memiliki ciri khas tersendiri pada setiap jenisnya. Salah satunya adalah Kurma Medjool yang berbentuk oval dengan daging buah tebal dan warna cokelat muda. Panjangnya bisa mencapai 10-15 cm, lebih besar dibanding jenis kurma lainnya. Kurma medjool adalah jenis kurma yang tumbuh di Arizona, Amerika Serikat.

Kurma Medjool USA.

Kelebihan Kurma Medjool Dibandingkan Kurma Lain

Tidak seperti kurma dari Timur Tengah, Kurma Medjool memiliki beberapa kelebihan tertentu yaitu :

  1. Ukuran buah Kurma Medjool dua kali lebih besar dari kurma jenis lainnya.
  2. Kurma Medjool memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras saat digigit. Bahkan cocok dijadikan bahan masakan, dapat dicampur sebagai bahan pembuatan cake atau pudding karena dagingnya yang empuk dan rasanya sangat manis.
  3. Tidak seperti jenis kurma lainnya yang ditanam di luar ruangan, Kurma Medjool ditanam di ruangan tertutup dengan suhu yang diatur dengan sedemikian rupa. Cara petiknya pun harus dilakukan oleh orang ahli.
  4. Tidak hanya rasanya legit, Kurma Medjool juga mengandung fruktosa dan glukosa alami yaitu sejenis karbohidrat sederhana yang baik untuk meningkatkan energi saat berpuasa.

Kurma Medjol USA.

Kurma Medjool merupakan sumber vitamin, mineral dan kalium yang merupakan serat larut makanan, jenis serat ini baik untuk bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang sedang berpuasa. Kondisi tubuh menjadi cepat pulih dan segar kembali setelah berpuasa.

Jika bosan dengan buah kurma segar, cobalah untuk mengolahnya sebagai campuran salad, campuran jus atau minuman, cookies atau dessert. Kurma jenis ini mudah ditemui di pasar swalayan, toko buah, atau pedagang kurma.

Manfaat Kurma Medjool untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi kurma untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Buah Kurma Bisa Mencegah Usus Terkena Bakteri dan Mengobati Sakit Maag

Gaya hidup yang salah dan makanan yang tidak sehat dapat mengganggu kesehatan, menyebabkan tumbuhnya bakteri jahat dalam usus. Selain itu kekurangan serat juga dapat mengganggu fungsi alat pencernaan seperti usus dan lambung. Mengkonsumsi kurma secara teratur dapat mencegah sembelit, diare dan maag.

2. Kurma Bagus untuk Mengatasi Penyakit Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Buah kurma merupakan buah alami dan sangat baik bila dikonsumsi dalam tubuh. Tak jarang digunakan pula sebagai obat alternatif atau pendamping bagi penderita penyakit demam berdarah karena dapat meningkatkan trombosit dalam tubuh serta mempercepat pemulihan penderita demam berdarah.

3. Kurma juga Berkhasiat untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Kurma mengandung zat besi, kalsium, niacin, kalium yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah jantung dan serta mengatur kadar gula dalam darah.

4. Buah Kurma Bagus untuk Mencegah Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma juga dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang. Osteoporosis dan kepadatan tulang dipengaruhi oleh kalsium yang dikandung dalam tubuh. Kurma memiliki kandungan zat tersebut sehingga baik dikonsumsi oleh lanjut usia dan anak-anak.

5. Buah Kurma dapat menurunkan kolesterol dalam darah

Buah kurma memiliki kandungan rendah kolesterol yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain juga menjaga makanan yang masuk ke tubuh dan menghindari makanan berlemak.

Selengkapnya tentang Kurma Medjool dapat Anda saksikan dalam video berikut ini:

Leave a Reply