Kurma adalah buah khas Timur Tengah namun kini dikonsumsi oleh seluruh dunia termasuk kaum muslimin di Indonesia.

Kurma selain dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan (thamr) juga dapat dimakan dalam kondisi segar atau yang biasa kurma muda (ruthob). Berbagai nama kurma antara lain Kurma Ajwa, Kurma Medjool, Kurma Sukkari, Kurma Khalas dan lain-lain.

Banyak negara selain Arab Saudi yang dapat menghasilkan kurma. Namun begitu, kurma asal Saudi tetap jadi favorit. Salah satunya adalah Kurma Khalas dan kurma yang paling laris dikonsumsi untuk jenis kurma khalas adalah kurma “Dates Crown Khalas” atau DC Khalas.

Kurma Kkhalas bentuknya oval atau lonjong dan ukurannya lebih kecil dibanding dengan kurma jenis Mesir. Kurma Khalas memiliki serat yang lunak, jika digigit dan dikunyah, terasa sangat lembut. Bagian luarnya seperti dilapisi kulit yang sangat tipis, rasanya sangat manis. Karena rasa yang enak dan tekstur yang lembut inilah kurma “Date Crown Khalas” sangat disukai. Selain itu, harga yang ditawarkan juga masih terjangkau sehingga semua orang bisa menikmatinya.

Saat bulan puasa dan lebaran, banyak kaum muslimin yang mencari kurma khalas ini. Dari segi harga terjangkau, rasa enak, tekstur lembut, manula juga bisa makan.

Kurma “Date Crown Khalas” relative mudah dijumpai di pasaran meskipun di luar bulan Ramadhan. Beberapa jenis kurma selain khalas hanya bisa diperoleh pada musim-musim tertentu.

Agar tidak bosan, kurma dapat diolah menjadi berbagai penganan yang lezat sehingga manfaat dan khasiatnya dapat dirasakan, seperti berikut ini contohnya:

1. Smoothies

smoothies-kurma

Kurma dapat menjadi minuman yang menyegarkan salah satunya menjadi smoothies. Blender buah kurma beku yang sudah dibuang bijinya bersama susu cair, dan buah pisang beku. Dapat pula ditambah oatmeal, karena kurma sudah manis rasanya Anda tidak perlu lagi menambah gula sehingga cocok bagi penderita diabetes atau mereka yang sedang diet. Smoothies kurma ini dapat dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa atau saat sahur.

2. Puding Kurma

puding-kurma

Selain smoothies, puding kurma juga bermanfaat bagi kesehatan. Pertama-tama, panaskan bubuk agar-agar dengan bubuk kopi, susu, dan gula pasir sampai mendidih. Setelah itu, kocok putih telur dan sedikit gula pasir sampai kaku. Masukkan putih telur dan potongan kurma tadi ke dalam larutan agar-agar yang masih panas dan kocok sampai menyatu. Lalu cetak sesuai selera. Puding kurma ini paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin, cocok dinikmati saat berbuka puasa untuk mengembalikan tenaga.

3. Air Nabeez atau air rendaman kurma

air-rendaman-kurma

Campurkan kurma dengan air hangat sebagai pengganti gula, seperti yang dilakukan Dewi Hughes dalam video berikut ini:


Anda juga dapat membuat infused water berbahan dasar air dan kurma dengan jumlah ganjil seperti sunnah Rasulullah atau disebut juga air nabezz yaitu air rendaman (infused water) kurma / kismis (raisins). Kurma direndam dalam air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) dan diminum keesokkan paginya. Air nabeez ini merupakan kegemaran Rosululloh.

Rasulullah SAW biasanya merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) di dalam air matang dalam wadah bertutup selama 12 jam. Airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut ditelan sekali telan.

Sebuah hadist menyebutkan :

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim).

Nikmati Kurma Khalas dengan berbagai cara yang menyenangkan sebagai sarana menjaga kesehatan tubuh Anda karena kurma memiliki banyak manfaat seperti mengembalikan tenaga setelah berpuasa, menjaga kolesterol darah Anda tetap stabil, sebagai makanan diet, meningkatkan trombosit darah terutama bagi penderita anemia dan demam berdarah. Masih banyak lagi manfaat kurma yang dapat Anda peroleh.

Leave a Reply