Kurma DC Lulu.

Di dunia kurma memiliki banyak varietas dan jenis berdasarkan rasa, ukuran dan bentuknya. Salah satu jenis kurma adalah kurma Date Crown (DC) Lulu. Kurma DC Lulu adalah jenis kurma yang populer di negara Iran karena paling banyak dibudidayakan di negara tersebut dan berasal dari Uni Emirat Arab (UEA).

Kurma DC Lulu memiliki karakteristik buah yang unik, dari segi rasa paling banyak diminati oleh sebagian besar penikmat buah kurma. Kurma ini berbentuk oval, bulat, dengan tekstur lembut. Karakteristik buah kurma ini juga memiliki serat daging buah yang melekat penuh didalamnya. Rasanya lezat dan tidak terlalu manis di lidah sehingga tidak membuat “eneg” adalah keistimewaan kurma ini. Di Indonesia, Kurma DC Lulu banyak dijual di minimarket.

Kurma DC Lulu banyak ditanam di wilayah Iran selatan, berukuran relatif kecil dan tetap menarik meski telah dikeringkan. Sebagaimana kurma lainnya, Kurma Lulu juga memiliki khasiat dalam meningkatkan dan memperbaiki kesehatan penikmatnya. Seperti dapat juga digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit, termasuk pengobatan anemia. Kandungan fosfor dalam kurma berfungsi membuat sel-sel syaraf menjadi lebih sehat sehingga Kurma DC Lulu juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit syaraf dan terapi pengobatan secara herbal atau tradisional.

Cara menyimpan Kurma DC Lulu juga cukup sederhana yaitu dengan menyimpan kurma di ruangan dengan suhu kamar. Kurma Lulu dapat disimpan hingga sekitar 18 bulan dari sejak waktu masa dipanen.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan :

  1. Kurma kering atau tamr dapat membantu menguatkan rahim terutama ketika akan melahirkan.
  2. Ruthab atau kurma basah mengandung hormon oxytocine yang berfungsi membantu ketika wanita melahirkan dan menyusui.
  3. Memudahkan persalinan.
  4. Memiliki kandungan air dan gula yang cukup sehingga sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa.
  5. Kurma dapat mencegah stroke.
  6. Kurma mengandung vitamin A sehingga dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
  7. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula. Seorang pedagang Kurma Lulu menyatakan bahwa Kurma Lulu mirip dengan Kurma Ajwa (Kurma Nabi) namun berbeda warna. Dan meski rasanya tidak selembut Kurma Ajwa namun sangat mirip. Kurma Ajwa berwarna kelam hitam sedangkan Kurma Lulu kecoklatan.
  8. Bagi beberapa orang, selain kurma dapat dimakan begitu saja, Kurma Lulu yang tekturnya lembut ini dapat dijadikan campuran makanan seperti puding, cake, atau dapat dijadikan toping. Anak-anak juga dapat mengkonsumsi kurma ini dengan menjadikannya jus yang lezat.

Jus kurma selain lembut dan relatif mudah dicerna juga dapat menjadi pelengkap hidangan berbuka puasa Anda bersama keluarga.

Jus Kurma DC Lulu.

Ada berbagai cara membuat jus kurma yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Yang pertama dengan mencampurkan kurma dan susu. Anda dapat memblender kurma lulu dan susu atau merendamnya di dalam air susu sesaat sebelum diminum. Jus kurma mengandung berbagai zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda seperti zat besi, folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan seng.  Kurma juga kaya akan vitamin B1, B2, B3 dan C. Anda juga dapat mengkonsumsinya selain di bulan puasa untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

Bila Anda memilih untuk memblender kurma dengan susu atau air, pisahkan dulu biji dan buahnya serta cincang kurma kecil-kecil lalu masukkan air atau susu dan es batu bila Anda suka. Tanpa es atau tidak, kurma akan tetap bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Leave a Reply