Buah kurma lazim dikonsumsi pada bulan puasa Ramadhan sebagai hidangan pembuka. Dapat dimakan begitu saja sebagai camilan atau dicampur ke dalam minuman dan berbagai jenis makanan seperti puding, toping kue dan lain-lain. Tak jarang disajikan pula saat makan sahur, bahkan ada pula yang memanfaatkannya sebagai infused water, yakni dengan merendam kurma dalam segelas atau sebotol air. Kurma infused water ini disebut pula air nabeez yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan kesehatan terutama pada bulan puasa.

Kurma memiliki banyak zat dan nutrisi terutama gula sebagai penambah dan pemulih energi. Dapat pula dikonsumsi oleh mereka yang menderita anemia atau kurang darah dan penderita demam berdarah sebab dapat meningkatkan trombosit dalam darah.

Di Indonesia, terdapat banyak jenis kurma di pasaran. Variannya sangat banyak begitu pula dari segi kualitas dan harga. Anda dapat memilih jenis kurma sesuai kebutuhan, selera dan tentunya budget Anda. Terbanyak kurma yang dijual di Indonesia berasal dari impor, seperti kurma dari Uni Emirates Arab, Amerika Serikat, Mesir dan Iran.

Salah satu jenis kurma yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia adalah kurma Date Crown Khenaizi atau DC Khenaizi. Kurma ini memiliki warna yang cenderung gelap. Bentuknya sedikit memanjang, dan kulit luarnya lebih halus.

kurma-dc-khenaizi

Kurma Date Crown jenis ” Khenaizi ” adalah kurma yang berasal dari kawasan timur tengah, yaitu berasal dari negara Uni Emirate Arab (UEA). Kurma ini mempunyai ciri khas pada tekstur kurmanya agak hitam dan kering, namun ketika dikonsumsi memiliki cita rasa yang nikmat dan rasa yang legit. Rasa manisnya tidak berlebihan sehingga disukai mereka yang kurang suka makanan yang terlalu manis. Kurma ini dapat dikonsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan di luar bulan puasa Ramadhan, mengkonsumsi kurma ini sangat dianjurkan sebab mengandung nutrisi yang tinggi untuk menjaga kesehatan.

Menurut sebuah penelitian, setiap 100 gram kurma mengandung lebih kurang 280 kalori. Selain dapat menggantikan energi dan tenaga yang hilang saat berpuasa, Kurma DC Khenaizi juga mengandung karbohidrat, protein dan serat. Selain itu juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

Kheinazi Kurma Date Crown.

Kurma DC Khenaizi memiliki manfaat antara lain:

  1. Mencegah sembelit dan membantu fungsi alat pencernaan.
  2. Memberikan energi dalam waktu singkat sehingga cocok bagi mereka yang berpuasa atau dalam perjalanan dan belum sempat singgah untuk makan.
  3. Mencegah kanker.
  4. Mengurangi radang.
  5. Bagi ibu menyusui dapat menambah produksi air susu ibu (ASI) karena kurma mengandung zat besi dan kalsium. Selain itu juga membantu mempercepat proses pemulihan rahim dan tubuh ibu setelah melahirkan.

Kurma selain memiliki banyak sekali manfaat juga memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Karena kadar gulanya yang cukup tinggi, penderita diabetes sebaiknya membatasi jumlah kurma yang dikonsumsi agar tidak malah mengganggu kesehatan.

Selain itu bila dikonsumsi secara berlebihan kurma juga dapat menyebabkan kegemukan sebab 1 buah kurma mengandung sekitar 111 kalori.

Namun meski memiliki efek samping, kurma tetap memiliki manfaat yang jauh lebih banyak. Sebagaimana obat yang bila dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menyebabkan efek samping demikian pula dengan mengkonsumsi kurma secara berlebihan.

Cara Rasulullah SAW mengkonsumsi kurma adalah dengan jumlah bilangan ganjil yakni 1,3,5 dan 7. Tidak hanya dimakan begitu saja namun dalam banyak riwayat Rasulullah SAW mengkonsumsi kurma bersamaan dengan makan semangka, timun, atau dengan air. Hal ini untuk mengimbangi rasa panas yang dibawa oleh kurma yang manis.

Leave a Reply