Kurma Al Saad.

Kurma memiliki banyak jenis di seluruh dunia ini dan memiliki ciri khas yang berbeda pada setiap jenisnya. Penggemar kurma menandai setiap jenis kurma berdasarkan rasa, bentuk, dan tekstur buahnya.

Bagi yang suka dengan kurma dengan kurma yang agak keras dan tidak terlalu manis dapat memilih kurma jenis Sayer Saad dan Naghal Saad. Kurma yang berasal Uni Emirat Arab (UEA) ini cenderung tak terlalu manis. Kurma Sayer bentuknya agak bulat kecil, warna cokelat tua, agak kering tapi kenyal. Untuk Naghal bentuknya agak lonjong, warna cokelat kehitaman, agak kering, tapi kenyal.

Kurma Emirate Gold sama dengan Kurma Sayer, namun berukuran agak besar. Kurma Sayer/Emirate Gold memiliki serat yang lumayan lunak sehingga cocok dikonsumsi orang tua. Jika digigit atau dikunyah agak lembut. Bagian luarnya kadang seperti masih terbungkus kulit ari. Rasanya manis & sering dimanfaatkan untuk produksi sari kurma.

Berikut ini adalah fakta, manfaat, dan khasiat kurma berkenaan dengan kesehatan:

  1. Tujuh butir kurma sama dengan 40 gram, setara dengan makan 80-160 gram buah segar.
  2. Kurma tidak mengandung pati atau kolesterol sehingga cocok dikonsumsi sebagai pencegah stroke dan penurun kolesterol dalam darah.
  3. Kurma adalah sumber terbaik untuk kalium (2,4 kali lebih tinggi dari pisang).
  4. Kurma kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi. Dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.
  5. Kurma kering dapat disimpan lebih dari 18 bulan jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering.
  6. Kurma mengandung gula sederhana (glukosa dan fruktosa) yang digunakan tubuh untuk memenuhi kebutuhan energinya, dan tidak berubah menjadi lemak. Sangat baik dikonsumsi untuk hidangan berbuka puasa atau dapat digunakan sebagai makan pagi.
  7. Mengkonsumsi 40 gram kurma atau 7 butir per hari sama dengan memenuhi 12% kebutuhan serat yang direkomendasikan setiap hari untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.
  8. Kurma kaya akan fenol alami yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidator asing dan peradangan. Sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang sakit atau dalam masa pemulihan.
  9. Kurma bebas lemak.
  10. Kurma tidak mengandung kolesterol. Uji laboratorium menunjukkan bahwa mereka mengurangi oksidasi kolesterol LDL yang berbahaya.
  11. Kurma kaya akan zat besi. Mereka melindungi tubuh terhadap anemia dan kurma baik untuk individu yang mengidap anemia. Juga dapat digunakan oleh penderita demam berdarah karena dapat meningkatkan trombosit dalam darah.
  12. Kurma mengandung kalium, mineral dan nutrisi alami.
  13. Kurma mengandung vitamin penting seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E dan vitamin grup B kompleks lainnya.
  14. Kurma adalah makanan otak karena kandungan fosfor mereka mendorong pertumbuhan sel otak.

Agar tidak bosan mengkonsumsi kurma, kurma dapat Anda olah menjadi makanan atau minuman favorit. Apalagi bulan puasa, kurma dapat dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Anda dapat membuat smoothie kurma, bahan dan cara membuatnya dapat Anda ikuti dibawah ini:

Smoothie kurma.

Bahan-bahannya:

  • 2 buah pisang
  • 1/4 gelas kurma
  • 2 gelas susu cair
  • 1 sdt biji chia
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan dalam blender dan haluskan.
  2. Sajikan dengan taburan bubuk cokelat di atasnya.
  3. Smoothies Kurma pun siap diminum saat berbuka.

Jadi, jangan sampai tidak mengkonsumsi kurma hari ini. Nikmati dalam berbagai olahan dan dapatkan manfaatnya yang besar untuk kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply